10+ Gejala Cerebral Palsy pada Anak Usia Dini

gejala cerebral palsy - bkingindonesia
Sumber Foto : braceworks.ca

Setiap anak pasti mempunyai pertumbuhan yang berbeda-beda, sesuai dengan asupan makanan yang dikonsumsi. Anak yang kekurangan asupan gizi dan nutrisi dapat menyebabkan beberapa hal yang berhubungan dengan pertumbuhan, salah satunya terjadi Cerebral palsy pada anak usia dini.

Pengertian Cerebral Palsy

Istilah Cerebral palsi merupakan suatu gangguan gerakan, otot, dan postur tubuh anak yang disebabkan oleh cedera. Kelainan tersebut juga dapat disebabkan karena perkembangan abnormal di otak yang terjadi sebelum kelahiran. Gejala CP tersebut muncul selama masa bayi.

CP menyebabkan gangguan gerakan yang berkaitan dengan refleks secara berlebihan atau kekakuan. Gerakan tubuh yang tak terkendali, Susah saat berjalan, dan gejala lainya. Pengaruh CP tersebut Berhubungan dengan kemampuan fungsional.

10+ Gejala CP pada Anak Usia Dini

Pada anak usia bayi hingga 6 tahun sangat rentan terserang kelainan tersebut. Gejala yang sering terjadi akan ditandai dengan perubahan pola sikap dan gerakan anak. Berikut gejala yang terjadi pada anak yang menderita CP.

1. Kelainan perkembangan otak

Pada anak yang menderita CP, sering terganggu perkembangan otaknya. Sehingga cenderung mempunyai daya tangkap yang kurang cepat atau lambat. Gejala tersebut diakibatkan karena adanya lost dalam sistem kerja otak si kecil.

2. Cacat intelektual

Gejala yang jelas terlihat adalah cacat secara intelektual. Pada bagian tubuh yang terlihat akan mengalami cacat baik itu di penglihatan, pendengaran dan indera lainya. Anak yang menderita CP juga sering mengalami kejang dengan tba-tiba.

3. Terlambat Bicara

Seorang anak yang menderita CP, akan mengalami perubahan pada sistem pertumbuhanya, salah satunya bisa meyebabkan keterlambatan bicara dan berkomunikasi. Hal tersebut terjadi karena terdapat gangguan pada otot bayi yang menyerang saraf motorik.

4. Kelainan motorik

Pada bayi yang menderita CP akan terlihat lemah dan kakinya membentuk huruf U. Biasanya sang bayi akan lahir dengan cara prematur dan terlihat lemas terkulai. Bayi akan mengalami kesulitan bernafas dan membiru.

5. Hiperaktif

Anak yang menderita CP mempunyai gerakan yang tidak umum. Anak akan selalu bergerak secara berlebihan dan lebih agresif. Bahkan tidak dapat dikendalikan. Sang anak lebih sering merusak segala sesuatu dan tidak bisa fokus dan berkonsentrasi.

6. Perkembangan tidak seimbang

Bagi yang menderita CP mempunyai perkembangan yang tidak seimbang. Karena sistem motorik anak yang terganggu sehingga otak tidak bisa berkembang dengan baik dan menyebabkan pertumbuhan yang terlambat.

7. Melakukan kegiatan berulang-ulang

Anak penderita CP selalu melakukan kegiatan berulang-ulang. Anak sering meloncat-loncat, dan melakukan apapun yang diinginkanya terus menerus, dengan frekuensi yang sangat tinggi.

8. Gangguan komunikasi

Anak penderita CP mempunyai gangguan pada sistem komunikasi. Sehingga anak mempunyai gaya bicra yang gagap atau kurang jelas. Hal tersebut karena adanya gangguan yang terjadi pada sistem otot motoriknya.

9. Autisme

Autisme merupakan gangguan pada proses interaksi sosial dan perilaku anak. Anak autis mempunyai gejala yang signifikan dan mulai terlihat pada usia dini. Gejala yang terjadi sangat bervariasi, salah satunya gerakan yang tidak dapat dikendalikan dan tidak seperti anak lain.

10. Emosi tidak stabil

Anak penderita CP mempunyai tingkat emosi yang tidak stabil. Karena tidak bisa mengontrol emosi sehingga meluapkannya kapan saja dan dimana saja. Anak akan sering mejerit, menangis, dan tertawa tanpa alasan tertentu.

Bahaya CP pada Anak Usia Dini

Anak yang menderita CP akan mengalami masalah kejiwaan. Mereka mudah merasa tidak tenang sehingga melakukan berbagai kegiatan berbahaya. Penderita CP harus melakukan perawatan dengan baik agar tidak bersikap agresif dan sensitif terhadap sesuatu.

1 thought on “10+ Gejala Cerebral Palsy pada Anak Usia Dini”

  1. harganya berapa pak?

Leave a Comment